Jurnal kurang istirahat menyebabkan obesitas

Anak Kurang Tidur Beresiko Obesitas

Purwati, Obesitas adalah salah satu kondisi paling umum yang dapat dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa. Jika Anda berpikir Anda mungkin mengidap kondisi ini, khususnya jika Anda peduli dengan masalah berat badan, temuilah dokter secepatnya. Para ahli percaya, kurang tidur, bisa menjadi penyebab utama hal ini.

Kapan saya harus pergi ke dokter? Dalam sesi konsultasi, biasanya dokter atau ahli gizi kesehatan dapat memberitahu informasi tentang: Jika Anda tidak mengidap faktor-faktor risiko tersebut bukan berarti Anda tidak dapat terjangkit obesitas.

Obat-obatan anti-kegemukan dapat dikonsumsi untuk mengurangi selera makan atau menghambat penyerapan lemak, disertai dengan asupan diet yang tepat. Faktor kesehatan. Interaksi antara berbagai macam faktor inilah yang menyebabkan seseorang dapat mengalami obesitas.

Secara umum, obesitas disebabkan oleh meningkatnya asupan energi dengan kandungan lemak yang tinggi dan menurunnya aktivitas fisik sebagai akibat dari perubahan pola sosial dan lingkungan seperti perubahan pekerjaan, alat transportasi dan meningkatnya urbanisasi.

Beri tahu dokter tentang kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. Faktor genetik adalah faktor yang berasal dari orang tua. Di mana saat ini anak-anak di Paris rata-rata jam tidurnya banyak berkurang dibanding 30 tahun yang lalu.

Apa itu obesitas (kegemukan)?

Am J Clin Nutr ; 84 5: Excess body fat in obese and normal-weight subjects. Data asupan makanan dari empat studi NHANES secara berurutan menunjukkan bahwa peningkatan jumlah dan densitas energi makanan yang dikonsumsi berhubungan secara paralel dengan peningkatan prevalensi obesitas pada populasi Amerika Serikat.

Dahulu obesitas diyakini terjadi di negara-negara maju, tapi saat ini obesitas tidak lagi hanya terjadi di negara maju. Para ahli dalam penelitian tersebut meninjau bukti di lebih dari Selain itu, obesitas sering dijumpai pada perempuan setelah melahirkan maupun saat menopause.

Kanker, Dalam sebuah studi terhadap 1. Padahal kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan perlambatan metabolisme dalam tubuh.

Menurut teori ini, status gizi ibu dan pertumbuhan janin yang buruk merupakan faktor risiko berkembangnya penyakit kronis yang mempengaruhi pemrograman struktur, fisiologi, dan metabolisme tubuh.

Pengertian, Jenis dan Faktor Penyebab Obesitas

Faktor-faktor risiko Apa yang meningkatkan risiko saya untuk obesitas kegemukan? Riset Kesehatan Dasar Obesitas yang terjadi karena jumlah dan ukuran sel melebihi normal. Philadelphia, PA: Tipe ini ditandai dengan penumpukan lemak pada bagian tubuh sebelah atas.

Sesungguhnya lemak tubuh berfungsi sebagai sumber energi, membangun jaringan tubuh, melindungi organ tubuh, mencegah tubuh kehilangan panas, dan melarutkan vitamin tertentu. Clin Sci ; Penyakit Kardiovaskular, Tidur yang cukup sangatlah penting untuk kesehatan jantung Anda. Ferri, Fred.

Buatlah target yang realistis, jangan mengurangi berat badan secara drastis dalam waktu singkat karena akan mudah kembali lagi. Tipe ini banyak dialami oleh perempuan. Sebaliknya, jika Anda memiliki gen obesitas, tapi Anda secara teratur menerapkan pola hidup sehat dengan memerhatikan asupan makanan serta rajin olahraga, maka risiko Anda terkena obesitas pun akan menurun.

Asupan makanan adalah banyaknya makanan yang dikonsumsi oleh seseorang. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya, seperti hipertensi, diabetes, dan jantung koroner.

Dari penjelasan di atas, mungkin terdapat gejala-gejala obesitas yang tidak disebutkan. Penelitian sebelumnya juga mengaitkan antara kurang tidur dengan obesitas pada orang dewasa dan remaja, tapi penelitian ini adalah salah satu yang pertama yang difokuskan pada anak-anak.

Prevalensi obesitas di dunia dipantau oleh WHO berdasarkan data IMT yang dikumpulkan dari survey atau studi populasi yang mencantumkan berat dan tinggi badan, baik yang diukur maupun yang dilaporkan oleh subyek.

Para ahli percaya bahwa kurang tidur menyebabkan ketidakseimbangan dalam hormon yang mengendalikan nafsu makan. Kualitas asupan dapat diperbaiki dengan mengurangi konsumsi makanan padat energi contohnya makanan yang tinggi lemak dan gula, serta dengan meningkatkan asupan serat.

A systematic review of environmental factors and obesogenic dietary intakes among adults: Namun rata-rata perempuan memilki jumlah lemak yang lebih banyak daripada laki-laki. Sebaiknya konsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut.Obesitas juga dapat terjadi bukan hanya karena makan yang berlebihan, tetapi juga dikarenakan aktivitas fisik yang berkurang sehingga terjadi kelebihan energi.

13 basal tubuhnya. Kekurangan aktifitas gerak akan menyebabkan suatu siklus yang hebat, obesitas membuat kegiatan olahraga menjadi sangat sulit dan kurang dapat dinikmati dan kurangnya.

PENGERTIAN OBESITAS

Obesitas terjadi karena asupan kalori yang lebih banyak dibanding aktivitas membakar kalori, sehingga kalori yang Obesitas adalah kondisi kronis akibat penumpukan lemak dalam tubuh yang sangat tinggi.

Kurang tidur dapat menyebabkan obesitas melalui peningkatan nafsu makan akibat dari perubahan hormonal. Jika Anda tidak cukup tidur, Anda menghasilkan Ghrelin, hormon yang merangsang nafsu makan. Kurang tidur juga mengakibatkan tubuh Anda memproduksi lebih sedikit Leptin, hormon yang menekan nafsu makan.

Menurut penelitian, anak-anak yang memiliki orang tua normal memiliki resiko 10% untuk terkena obesitas, apabila salah satu orang tuanya menderita obesitas, maka resikonya meningkat menjadi %, sedangkan jika kedua orang tuanya obesitas maka resiko akan meningkat %.

(Purwati, ).Author: Muchlisin Riadi. Berdasarkan tinjauan tersebut, diketahui bahwa orang yang memiliki jam tidur kurang dari 7 jam setiap malam berisiko terhadap penyakit jantung. Bahkan wanita di bawah usia 60 tahun yang hanya tidur 5 jam atau kurang di malam hari, memiliki risiko 2 kali lipat mengembangkan penyakit jantung.4,5/5.

Jurnal kurang istirahat menyebabkan obesitas
Rated 5/5 based on 57 review