Hubungan obesitas dengan sirkulasi perifer

Tekanan darah akan meninggi bila salah satu faktor yang menentukan tekanan darah mengalami kenaikan Lumbantobing, Pada saat kadar insulin puasa dalam darah mulai menurun maka efek penekanan insulin terhadap produksi glukosa hati khususnya glukoneogenesis mulai berkurang sehingga produksi glukosa hati makin meningkat dan mengakibatkan hiperglikemi pada puasa.

Edisi ke-2, Gramedia, Jakarta. Diabetes Melitus Tipe 2 Diabetes Melitus jenis ini disebabkan oleh gangguan sekresi insulin dan resitensi insulin sehingga tubuh penderita tidak merespon secara normal insulin yang dihasilkan tubuh dan membentuk kekebalan tersendiri sehingga terjadi kekurangan insulin relative.

Oleh karena itu, hasil akhir utama kerja insulin adalah membersihkan glukosa dari sirkulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan asupan lemak dengan kadar kolesterol total dan trigliserida darah pada pasien penyakit jantung koroner rawat jalan di RSU.

Tahanan perifer ditentukan bukan oleh arteri yang besar atau kapiler, melainkan oleh arteriola kecil, yang dindingnya mengandung sel otot polos. Hormon ini berfungsi untuk meningkatakan glikogenolisis dan absorpsi gula-gula dari usus Widman, F.

Adiponektin Adiponektin adalah hormon peptida yang terutama dihasilkan oleh adiposit. Keadaan ini akan memicu terjadinya 29 Diabetes mellitus dan menimbulkan penyempitan pembuluh darah yang pada akhirnya meningkatkan kejadian serangan jantung dan stroke. Sistem simpatis umumnya bersifat katabolik, mengeluarkan energi flight or flight sistem ini meningkatkan frekuensi jantung, mendilatasi bronki, dan mengurangi sekresi.

The hormone resistin links obesity to diabetes. Kesimpulan Timbulnya hipertensi pada obesitas adalah peningkatan volume plasma dan peningkatan curah jantung yang terjadi pada obesitas berhubungan dengan hiperinsulinemia, resistensi insulin dan sleep apnea syndrome, akan tetapi pada tahun-tahun terakhir ini terjadi pergeseran konsep, dimana diduga terjadi perubahan neuro-hormonal yang mendasari kelainan ini.

Namun obat-obat tersebut bila digunakan dalam jangka panjang akan menyebabkan efek samping sangat merugikan tubuh. Obes Res ; 9: Leptin ini merupakan hormon yang sangat berperan terjadinya obesitas dan diabetes tipe 2. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan rancangan Cross Sectional.

Hal ini secara pasti belum terbukti, akan tetapi pada binatang percobaan dibuktikan, pemaparan terhadap stress membuat binatang tersebut hipertensi Majid, Pada prinsipnya, resistensi insulin dapat terjadi di tingkat reseptor insulin atau salah satu pasca reseptor yang diaktifkan oleh pengikatan insulin ke reseptornya.

jurnal hubungan obesitas dengan penyakit jantung koroner

Metode heksokinase juga banyak digunakan karena metode ini memiliki akurasi dan presisi yang sangat baik dan merupakan metode referens, karena enzim yang digunakan spesifik untuk glukosa Widijanti, W dan Ratulangi, B.

Faktor genetik a. Sebaliknya pasien dengan diabetes tipe 2 mungkin sama sekali tidak memperlihatkan gejala apapun, dan diagnosa hanya dibuat berdasarkan pemeriksaan di laboratorium dan melakukan tes toleransi glukosa.

Diabetes Care ; Beberapa teori menjelaskan resistensi leptin ini telah dikemukakan, diantaranya adalah karena adanya antibody terhadap leptin, peningkatan protein pengikat leptin sehingga leptin yang masuk ke otak berkurang, adanya kegagalan mekanisme transport pada tingkat reseptor untuk melewati sawar darah otak dan kegagalan mekanisme signal.

Sejumlah insulin tetap disekresi dan masih cukup utnuk menghambat ketoasidosis. Banyak minum Rasa haus sering dialami oleh penderita karena banyaknya cairan yang keluar melalui kencing.

Salah satunya adalah diabetes melitus Herman, Hypertension is not treated immediately impact on the emergence of degenerative diseases, including heart disease Congestive Heart Failure CHFkidney failure, and peripheral vascular disease.

Diabetes Melitus Tipe 1 Diabetes Melitus jenis ini disebabkan oleh rusaknya sel beta pankreas sebagai penghasil insulin sehingga penderita sangat kekurangan insulin. · Dibandingkan dengan angka tersebut maka kejadian ILO (Infeksi Luka Operasi) di RS Bantuan Surabaya harus diperhatikan.

Berdasarkan keseluruhan penjabaran yang telah diuraikan di atas maka perlu dilakukan penelitian hubungan antara obesitas dengan penyembuhan luka post sectio caesarea di RS Bantuan Surabaya. Dari hasil penelitian epidemiologis terbukti bahwa keterkaitan obesitas dan diabetes melitus tipe 2 lebih jelas pada mereka dengan obesitas sentral.

Hasil pemeriksaan dengan CT-scan perut memperlihatkan bahwa lemak visceral sangat berperan terhadap terjadinya resistensi insulin.

Walaupun lemak visceral merupakan prediktor utama terjadinya resistensi insulin, tampaknya tidak ditemukan hubungan. · Hubungan obesitas dengan terjadinya hipertensi: Obesitas dan Hipertensi Penelitian tahun menunjukkan adanya hubungan langsung antara hipertensi dengan berat badan yang berlebihan; penelitian Framingham juga menemukan adanya kenaikan tekanan darah pada dewasa muda yang mempunyai berat badan lebih, namun masih banyak diperlukan informasi untuk.

Berdasarkan analisa statistik dengan menggunakan uji chi-square, diperoleh nilai p = 0, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kadar kolesterol total dengan asupan lemak. · Dari hasil penelitian epidemiologis terbukti bahwa keterkaitan obesitas dan diabetes melitus tipe 2 lebih jelas pada mereka dengan obesitas sentral.

Hasil pemeriksaan dengan CT-scan perut memperlihatkan bahwa lemak visceral sangat berperan terhadap terjadinya resistensi insulin. Walaupun lemak visceral merupakan prediktor utama terjadinya resistensi insulin, tampaknya tidak ditemukan. menganalisis hubungan obesitas, konsumsi natrium, dan stres dengan kejadian hipertensi pada orang dewasa di Puskesmas Tompaso Kabupaten Minahasa.

Penelitian ini Author: Loura Winda Pontoh, Grace D. Kandou, Nelly Mayulu.

Hubungan obesitas dengan sirkulasi perifer
Rated 0/5 based on 27 review