Hubungan berat badan dengan kecepatan respirasi volume udara pernafasan

Jika tidak diikat maka tekanan parsial gas dalam respirometer akan tetap dan eosin tidak bisa bergerak. U dengan frekuensi nafas sebanyak Bahwa laju respirasi jangkrik jantan lebih besar disbanding laju respirasi jangkrik betina.

Alveolus memiliki dinding yang sangat tipis dan elastis. Jika sudah 10 menit, buka pipa respirometer dan lepaskan serangga ke alam. Misalnya, kepik Notonecta sp.

Pernapasan pada Insekta Sistem pernapasan hewan salah satunya pada serangga insect berupa sistem pembuluh trakea. Jangkrik betina mengkonsumsi oksigen sebanyak 0,29 ml, sedangkan jangkrik jantan mengkonsumsi oksigen sebanyak 0,30 ml.

Laring terdiri atas kepingan tulang rawan yang membentuk jakun. Sistem respirasi terbuka banyak digunakan oleh serangga-serangga darat dan beberapa jenis serangga air, sedang sistem tertutup digunakan oleh serangga air, yang tidak menggunakan spirakulum, antara lain untuk mencegah supaya jangan terjadi evapotranspirasi.

Timbang berat tubuh serangga. Kamis, 14 Maret IV. Selanjutnya, mengatur pernapasan dan mengusahakan tubuh probandus kembali rileks seperti sebelum melakukan kegiatan.

Secara sederhana, reaksi kimia yang terjadi dalam respirasi dapat dituliskan sebagai berikut: Mengusahakan tubuh dalam kondisi santai rileks. Begitu terus sehingga udara dalam tabung berkurang dan eosin bergerak ke dalam. Lakukan percobaan yang sama dengan menggunakan jangkrik yang ukurannya berbeda.

Kesimpulan - Banyak sedikitnya kapasitas pernapasan paru-paru tergantung oleh beberapa faktor, diantaranya adalah Berat badan, umur, aktifitas, kesehatan tubuh, dan jenis kelamin - Probandus 1 dan probandus 2 memiliki kepekaan pernpasan yang kurang baik, karena dalam melakukan aktivitas dan diam selama 1 menit, hasil yang didapat tidak mendekati pernapasan normal.

Ikan mengambil oksigen yang berada di lingkungannya air dengan menggunakan sistem insang. Pergeseran eosin disebabkan karena faktor konsumsi oksigen oleh serangga didalam tabung.

Habitat yang ditempati atau faktor lingkungan, sebenarnya juga berhubungan dengan kadar O2 dan proses aktivitas organ dalam tubuh. Dengan demikian, darah pada serangga hanya berfungsi mengangkut sari makanan dan bukan untuk mengangkut gas pernapasan.

Cara Kerja 1. Probandus yang pertama adalah Dyah Safira M. Selanjutnya, kecepatan penyusutan udara dalam ruang itu dapat di amati pada pipa kapiler berskala.

Perbedaan kecepatan frekuensi pernapasan, dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: Bungkuslah kristal NAOH dengan kapas, lalu masukan dalam tabung respirometer. Laju respirasi dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu sebagai berikut: Frekuensi ini lebih besar dibandingkan dengan frekuensi pernafasan normal yang berkisar antara 13 — 18 kali bernafas di setiap menitnya.

Pernafasan breathing berarti menghirup dan menghembuskan nafas. Probandus yang kedua adalah Meilantika Ratna W. Akan tetapi, laju metabolisme biasanya cukup diekspresikan dalam bentuk laju konsumsi oksigen. Apabila organisme yang hidup dan bernapas itu dimasukkan dalam ruang tertutup dan karbondioksida yang dikeluarkan oleh organisme dalam ruang tertutup itu diikat dalam hal ini dengan kristal eosin, maka udara akan menyusut.

Akibatnya volume oksigen yang dihirup serangga tidak bisa diukur.Prinsip-Prinsip Respirasi 1. Pertukaran gas antara lingkungan eksternal (udara, air) dengan internal (cairan tubuh) tidak pernah secara “transport aktif”Author: Nita Delau. Istilah pernafasan sering diartikan sama dengan respirasi, sebenarnya istilah tersebut secara harfiah berbeda.

Pernafasan (breathing) berarti menghirup dan menghembuskan nafas, atau memasukkan udara dari lingkungan luar ke dalam tubuh dan mengeluarkan udara sisa. Untuk mengetahui hubungan antara kecepatan respirasi pada hewan dengan kecepatan metabolismenya C.

Landasan Teori Respirasi ialah proses penyederhanaan senyawa kimia dari zat makanan untuk mendapatkan energy. pernafasan dapat diartikan sebagai proses yang dilakukan oleh organisme untuk menghasilkan energy dari hasil ancientmarinerslooe.com: Fisiologi ancientmarinerslooe.com Hubungan antara berat badan jangkrik dengan oksigen yaitu berbanding lurus.

Jika berat hewan jangkrik besar maka oksigen yang dibutuhkan juga besar. Seperti halnya manusia apabila dia berbadan gemuk dia akan bernafas cepat.

Dan oksigen yang dibutuhkan juga bertambah ancientmarinerslooe.com: Moch Siswan Afandi. Respirasi adalah seluruh proses pengambilan O 2 untuk memecah senyawa-senyawa organik sehingga menghasilkan energi dan sisa berupa CO 2 dan H 2 O.

Pertukaran gas O 2 dan gas CO 2 berlangsung melalui proses difusi yang berlangsung di alat pernafasan. Volume Udara Pernapasan Berikut ini adalah macam-macam volume udara pernapasan: 1.

Volume pernapasan (volume tidal), yaitu udara yang keluar masuk paru-paru setelah melakukan pernapasan biasa, volumenya ± cc.

Seputar Dunia Pendidikan

2. Volume udara komplementer, yaitu volume udara yang masih dapat dimasukkan ke dalam paru-paru dengan cara inspirasi maksimum setelah inspirasi biasa. Volumenya .

Hubungan berat badan dengan kecepatan respirasi volume udara pernafasan
Rated 0/5 based on 38 review