Diet pada pasien leukemia

Manifestasi limfosit immatur berproliferasi dalam sumsum tulang dan jaringan perifer, sehingga mengganggu perkembangan sel normal.

Diet Leukemia Berdasarkan penjelasan diatas, diketahui bahwa kanker darah pun bisa menyebabkan berbagai gangguan lain, baik anemia hingga asam urat, sehingga pada intervensi gizi yang hendak direncanakan bagi penderita kanker darah ini tidak semata — mata hanya mementingkan kondisi kankernya saja, namun juga mempertimbangkan adanya kemungkinan efek lain yang akan timbul terkait penyakit tersebut.

Copper serum: Definisi Leukemia adalah proliferasi sel darah putih yang masih imatur dalam jaringan pembentuk darah.

Setiap jenis memiliki fungsi khusus: Belum menghasilkan sel darah yang disebut sel batang dan ledakan. Leukemia adalah suatu keganasan pada alat pembuat sel darah berupa proliferasio patologis sel hemopoetik muda yang ditandai oleh adanya kegagalan sum-sum tulang dalam membentuk sel darah normal dan adanya infiltrasi ke jaringan tubuh yang lain.

Nyeri yang berhubungan dengan efek fisiologis dari leukemia. Juga terjadi proliferasi di llllllhati, limpa dan nodus limfatikus, dan invasi organ non hematologis, seperti meninges, traktus gastrointesinal, ginjal dan kulit.

Evaluasi terjadinya edemaf. Penatalaksanaan medik pada klien leukimia berupa pelaksanaan kemoterapi dan transfusi darah, penatalaksanaan medis ini juga menimbulkan komplikasi pada klien seperti Gagal sumsum tulang, Infeksi, hepatomegali, splenomegali, limpadenopati. Alih Bahasa I Made Kariasa.

Beberapa pasien dengan kasus LGK memproduksi trombosit secara berlebihan. Manifestasi anemia termasuk pucat, kelelahan, takikardia, malaise, lesu, dan dyspnea. Sifat khas leukemia adalah proliferasi tidak teratur atau akumulasi ssel darah putih dalam sumusm tulang, menggantikan elemen sumsum tulang normal.

Pola sehari-hari Pola Persepsi — mempertahankan kesehatan: Terpapar zat-zat kimiawi seperti benzen, arsen, kloramfenikol, fenilbutazon, dan agen anti neoplastik. Kloramfenikol, fenilbutazon, dan methoxypsoralen dilaporkan menyebabkan kegagalan sumsum tulang yang lambat laun menjadi AML.

Berikan periode istirahat tanpa gangguank. Berikan periode istirahat tanpa gangguan. Semua kelompok usia dapat terkena; insidensi meningkat sesuai bertambahnya usia.

Diet bagi Penderita Leukemia

Berikan antibiotik sesuai ketentuan. Alih Bahasa Peter Anugrah.

Auskultsi bunyi nafas, perhatikan gemericik, ronkhi; inspeksi sekresi terhadap perubahan karakteristik, contoh peningktatan sputum atau sputum kental, urine bau busuk dengan berkemih tiba-tiba atau rasa terbakar.

Diet rendah purin mengharuskan penderita leukemia membatasi konsumsi makanan berpurin sedang hingga tinggi, misalnya tahu tempe, sayuran berdaun hijau, makanan laut, kacang — kacangan, dan juga jeroan. Klasifikasi Leukemia Ketika pada pemeriksaan diketahui bahwa leukemia mempengaruhi limfosit atau sel limfoid, maka disebut leukemia limfositik.

IPB Press. Transplantasi sumsum tulang, transplantasi sumsum tulang merupakan alternatif terbaik dalm penanganan leukemia.

Prinsip Keperawatan Pediatrik. Obat — obatan imunosupresif, obat anti kanker, obat — obatan kardiogenik seperti diethylstilbestrol f.

Riwayat penyakit: Resiko tinggi kekurangan volume cairan berhubungan dengan kehilangan berlebihan: Menurut Wong, D. Terapi irradiasi kranial dilakukan hanya pada pasien leukemia yang mengalami gangguan sistem saraf pusat.

Inspeksi kulit unutk nyeri tekan, area eritematosus; luka terbuka. Nyeri abdomen. Sumsum tulang belakang penderita MDS akan memproduksi sel darah secara abnormal, dimana sel darah yang dihasilkan bersifat immature dan dalam perjalanannya sel darah tersebut akan mengalami kegagalan pematangan sehingga saat memasuki aliran darah tidak dapat berfungsi secara sempurna.

Intervensi dan evaluasi di lakukan berdasarkan diagnosa sesuai dengan standar asuhan keperawatan yang telah di tetapkan khusus bagi klien leukimia.

Foto dada dan biopsi nodus limfe:Leukemia biasanya menyerang lebih sering pada anak laki-laki dari pada anak perempuan setelah usianya lebih dari 1 tahun. Sebelum tahunanak dengan leukemia hidupnya hanya 2 – 3 bulan.

Namun, sekarang ini angka harapan hidup pada anak dengan leukemia hamper 80%.Author: Luphlypinky. Leukemia adalah suatu keganasan pada alat pembuat sel darah berupa proliferasio patologis sel hemopoetik muda yang ditandai oleh adanya kegagalan sum-sum tulang dalam membentuk sel darah normal dan adanya infiltrasi ke jaringan tubuh yang ancientmarinerslooe.com: Salni.

· Kelainan pada kromosom 21 dapat menyebabkan leukemia akut. Insiden leukemia akut juga meningkat pada penderita dengan kelainan kongenital misalnya agranulositosis kongenital, sindrom Ellis Van Creveld, penyakit seliak, sindrom Bloom, anemia Fanconi, sindrom Wiskott Aldrich, sindrom Kleinefelter dan sindrom trisomi D.

Penurunan jumlah trombosit dalam darah (trombositopenia) pada keadaan Leukemia dapat mengganggu proses hemostasis. Keadaan ini dapat menyebabkan pasien mengalami epistaksis, pendarahan dari gusi, ptechiae, dan hematom.

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Acute lymphocytic leukemia (ALL)

Rasa sakit (pain). Rasa sakit pada leukemia dapat timbul dari tulang atau sendi. Keadaan ini disebabkan oleh ekspansi sum-sum tulang dengan leukosit abnormal yang. Pada keadaan leukemia terjadi proliferasi sel leukosit yang abnormal, ganas, sering disertai bentuk leukosit yang lain daripada normal, jumlahnya berlebihan dan dapat menyebabkan anemia, trombositopenia, dan diakhiri dengan kematian (Ngastiyah, ).

Leukemia merupakan kanker yang terjadi pada sel darah manusia.

Untuk mengetahui tentang leukemia, kita harus mengenal dahulu sel-sel darah yang normal serta apa yang terjadi jika terkena leukemia. Darah manusia terdiri dari cairan yang disebut sebagai plasma darah, dan tiga kelompok sel ancientmarinerslooe.com: Nurse Poltekkes Bengkulu.

Diet pada pasien leukemia
Rated 4/5 based on 3 review